Berbicara mengenai suku dayak dari Kalimantan, tak lengkap rasanya jika tidak membahas tempat tinggalnya atau rumah adat. Di sini ada rumah adat yang dinamakan Betang.

Rumah Betang memiliki banyak keunikan. Desainnya berbentuk panggung dengan bagian bawahnya tertancap tiang kayu yang tingginya sekitar 5 meter.

Berikut ini beberapa keunikan rumah adat Betang

1. Dihuni lebih dari satu keluarga

Dikutip dari travel.tempo.co, rumah adat betang memanjang 30-150 meter. Sementara itu lebarnya 10-30 meter. Rumah ini tak memiliki sekat-sekat sehingga lebih mirip dengan aula. Pada umumnya dihuni oleh 5-7 keluarga dalam satu atap.

Meski dihuni lebih dari satu keluarga, Tetapi mereka memiliki dapur masing-masing. Sehingga jumlah dapur disesuaikan dengan jumlah keluarga yang menempati.

2. Rumah Panggung

Dibangun tinggi dari permukaan tanah atau berbentuk panggung. Tujuannya untuk menghindari musuh, binatang buas, banjir atau bencana lainnya.

Rumah adat ini banyak ditemukan di pinggiran sungai-sungai besar, seperti Kapuas, Barito, dan Arut. Mengapa demikian? Karena masyarakat suku Dayak meyakini sungai sebagai sumber kehidupan.

3. Arah Rumah

Hulu rumah betang umumnya dibuat menghadap timur dan hilirnya menghadap barat. Hulu yang menghadap timur ini memiliki filosofi kerja keras yaitu bekerja sedini mungkin. Sedangkan hilir menghadap ke barat memiliki filosofi tidak akan pulang atau berhenti bekerja sebelum matahari terbenam.

4. Tangga

Terdapat sebuah tangga dan pintu masuk ke dalam rumah. Tangga yang berfungsi sebagai alat penghubung dinamakan hejot.

5. Material Kayu Ulin

Material untuk membangun rumah adat betang menggunakan kayu yang berkualitas tinggi. Seperti kayu ulin. Selain memiliki keawetan juga tahan terhadap rayap.

6. Halaman Betang

Dikutip dari netralnews.com, pada bagian belakang dapat ditemukan sebuah balai berukuran kecil yang dinamakan tukau. Digunakan sebagai gudang untuk menyimpan alat-alat pertanian.

Selain itu, terdapat juga sebuah tempat yang dijadikan sebagai penyimpanan senjata. Biasanya disebut bawong.

Itulah beberapa keunikan rumah adat betang yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat

Trever.tempo.co, architecture.verdant.id, netralnews.com

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us