Provinsi yang terletak di ujung utara Pulau Sumatera ini mendapat julukan serambi Mekkah. Ya, Provinsi tersebut adalah Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Masyarakatnya terkenal sangat religius. Kehidupan adat istiadat dan budaya tak bisa terpisahkan dari islam. Selain itu, dalam menentukan tata letak rumah adat pun harus menghadap kiblat.

Lantas apa saja rumah adat yang berasal dari sini? Nah verdant akan membahas nama-nama rumah adat Aceh dan penjelasannya

1. Rumah Adat Krong Bade

rumah.com

Rumah Krong Bade yaitu rumah adat yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam. Terkenal juga dengan sebutan rumoh Aceh. Kini, keberadaan rumah yang memiliki tangga depan ini sudah hampir punah. Mengapa demikian? Karena saat ini sudah jarang yang memakai, masyarakat setempat lebih memilih untuk menempati rumah modern.

Materialnya terbuat dari bahan dasar yang langsung dari alam. Hal ini mencerminkan bahwa masyarakat aceh memiliki kehidupan yang sangat dekat dengan alam.

Ada beberapa ciri khas atau keunikan dari rumah ini yaitu memiliki tangga depan. Selain itu juga memiliki ukiran pada dinding dan pintu yang memiliki ukuran kurang lebih 120-150cm. Atapnya yang terbuat dari daun rumbia dan tanpa menggunakan paku.

Baca Selengkapnya: 5 Keunikan dari Rumah Adat Krong Bade

2. Rumoh Santeut

Menurut Cut Nursaniah dan Laila Qadri rumoh santeut merupakan salah satu varian dari rumah vernakular yang ada di Aceh. Hunian ini berkonstruksi panggung dengan ketinggian 0,5 hingga 1,5 meter di atas permukaan tanah. Kebanyakan rumah Santeut di pesisir Timur Aceh lebih tinggi (1,5 meter). Sedangkan rumah Santeut di peseser Barat Aceh rata-rata lebih rendah (0,5-0,8 meter).

Rumoh Santeut atau terkenal juga dengan nama Tampong Limong. Biasanya pembangunan rumah ini oleh masyarakat yang menempati perkampungan dan memiliki penghasilan yang rendah.

Mengutip dari Masdar, rumoh Santeut merupakan turunan dari rumoh Aceh dengan bentuk yang lebih sederhana. Dalam penelitian Elysa-Masdar (2001), rumoh Santeut adalah varian yang lebih sederhana dari rumoh Aceh.

Baca selengkapnya: Rumoh Santeut, Rumah Tradisional Sederhana Aceh

3. Rangkang

Merupakan rumah adat Aceh yang memiliki bentuk panggung, terdiri dari satu ruangan saja. Pantas saja hanya memiliki satu ruangan karena fungsi dari rumah adat ini sebagai tempat untuk beristirahat petani.

Materialnya terbilang sangat sederhana. Yaitu kerangka rumah yang terbuat dari kayu biasa dan daun rumbia sebagai penutup atapnya.

Itulah nama-nama rumah adat Aceh dan penjelasannya. Semoga bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan.

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us