Lombok merupakan tempat tinggal bagi suku Sasak. Banyak tradisi dan kebudayaan yang berasal dari sini. Misalnya saja kita berbicara tentang rumah adat. Tak hanya satu rumah adat yang berasal dari sini, tetapi sedikitnya terdapat tujuh rumah adat.

Berikut jenis-jenis rumah suku sasak

1. Bale Tani

https://bobo.grid.id/

Seperti halnya bangunan rumah adat Jawa, Bale Tani juga memiliki bentuk limasan atau Joglo. Rumah ini khusus untuk tempat tinggal masyarakat suku sasak yang bermata pencaharian sebagai petani.

Bagian-bagian rumah

Bagian-bagian dalam ruangan ini terdiri dari satu ruangan serambi (sesangkok), satu kamar (dalam bale) dan dapur (pawon).

Selain sebagai tempat tidur untuk perempuan, Dalam Bale juga berfungsi sebagai tempat menyimpan barang (harta benda).

Baca juga: Rumah Adat Lobo dan Fungsinya

2. Bale Jajar

https://today.line.me/

Jika Bale Tani yaitu rumah khusus untuk masyarakat yang berprofesi sebagai petani. lain halnya dengan Bale Jajar yaitu rumah untuk masyarakat golongan ekonomi menengah ke atas.

Meskipun bentuknya hampir sama dengan Bale Tani. Tetapi ada juga perbedaannya antara lain Bale Jajar memiliki dua kamar dan satu serambi. Kamar tersebut terpisahkan oleh lorong yang menuju ke bagian dapur.

3. Bale Sekepat

https://www.arsitur.com/

Bale Sekepat dibangun karena tak semua orang bisa masuk rumah. Maka dari itulah fungsinya sebagai tempat untuk menerima tamu. Sementara itu bagi yang memiliki anak gadis bisa berguna untuk menerima pemuda yang datang melamar.

4. Sekenam

budaya-indonesia.org

Bentunya hampir sama dengan bele Sekepat, hanya saja tiang yang dimiliki Sekenam berjumlah enam buah. Fungsinya yaitu sebagai tempat untuk kegiatan belajar mengajar dan tempat pertemuan internal keluarga.

5. Bale Bonter

Nah, kalau rumah adat ini dimiliki oleh perangkat desa. Bangunannya pun bisanya berada di tengah-tengah desa. Biasanya digunakan untuk persidangan adat atau tempat penyelesaian masalah.

Selain itu juga bisa berguna untuk menyimpan benda-benda bersejarah.

6. Bale Baleq Bencingah

https://www.arsitur.com/

Bale ini untuk mengadakan kegiatan besar kerajaan. Biasanya dalam bentuk upacara. Antara lain pelantikan pejabat kerajaan, pengukuhan atau penobatan kiai kerajaan. Selain itu juga bisa untuk menyimpan benda-benda pusaka.

7. Bale Tajuk

Merupakan bangunan pendukung terutama untuk rumah yang dihuni oleh keluarga besar. Berfungsi sebagai tempat pertemuan keluarga besar dan pelatihan untuk menambah wawasan dan tata krama.

arsitur.com, bobo.grid.id, roomah.id

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us