Lebih dari satu rumah adat yang bisa kita temukan di Provinsi Lampung. Salah satunya yang terkenal adalah Nuwo Sesat.

Jika kita lihat secara umum bentuknya hampir sama yaitu berbentuk rumah panggung. Sementara itu, untuk bagian-bagian ruangannya memiliki sebutan-sebutan tertentu.

Berikut Kumpulan Rumah Adat Lampung

1 Nuwo Sesat

https://architecture.verdant.id/

Nuwo memiliki arti rumah sedangkan sesat berarti adat. Jadi Nuwo Sesat adalah rumah adat yang berfungsi sebagai balai pertemuan adat. Di sini tempat para penyimbang mengadakan musyawarah.

Rumah yang memiliki sebutan lain Nuwo Sesat Balai Agung ini memiliki ciri khas yaitu terdapat hiasan payung pada bagian atas. Payung-payung tersebut biasanya berwarna putih, kuning dan merah. Ketiganya memiliki arti sendiri-sendiri.

Baca Selanjutnya: Ciri Khas Rumah Adat Lampung Nowou Sesat

2. Nuwo Balak

Rumah yang berfungsi sebagai tempat tinggal kepala adat ini memiliki luas 30 x 15 meter. Pada bagian depannya terdapat balkon yang berfungsi untuk menghibur para tamu dan bisa juga untuk bersantai.

Untuk pembagian ruangannya terdiri dari beberapa bagian antara lain, lawang kuri yaitu gapura. Ijan geladak yaitu tangga masuk yang dilengkapi dengan atap yang disebut rurung agung. Anjungan yaitu serambi yang berfungsi untuk pertemuan kecil. Pusiban atau tempat musyawarah resmi. Lapang Agung yaitu ruangan para wanita untuk berkumpul.

Selanjutnya ada yang disebut kebik temen yaitu kamar tidur bagi anak tertua. Kebik rengek yaitu kamar tidur bagi anak kedua dan kebik tengah yaitu kamar tidur bagi anak ketiga.

3. Nuwo Lunik

https://www.selasar.com/

Kalau rumah yang satu ini sebagai tempat tinggal masyarakat biasa. Dari segi ukuran pun tentunya lebih kecil daripada nuwo balak. Tidak memiliki beranda dan serambi.

Ruangannya terdiri dari beberapa kamar tidur dan bagian dapur yang menyatu dengan bangunan utama.

4. Lamban Pesagi

radarlampung.co.id

Berasal dari kata lamban yang berarti rumah. Sehingga lamban pesagi bisa diartikan rumah dari pesagi atau dari daerah Gunung Pesagi.

Berbentuk rumah panggung dengan atap perisai yang memiliki teritis panjang berbentuk pelana. Selain itu juga terdapat tangga dari papan yang dilengkapi dengan railing.

Baca Selanjutnya: Yuk Kenalan Dengan Lamban Pesagi dari Lampung

5. Lamban Balak

Rumah tradisional yang penghuninya dari etnis Saibatin. Secara umum bentuknya hampir sama dengan rumah Nuwo Balak yaitu rumah panggung.

Bagian-bagian rumah Lamban Balak

  1. Jan yaitu tangga masuk ke rumah panggung.
  2. Lepau atau Bekhanda yaitu ruang terbuka pada bagian atas depan rumah.
  3. Lapang luakh sebagai tempat menerima tamu dan tempat musyawarah adat.
  4. Lapang Lom yaitu ruang keluarga yang difungsikan sebagai tempat bermusyawarah.
  5. Bilik Kebik yaitu kamar utama penghuni rumah.
  6. Tebelayakh yaitu kamar kedua.
  7. Sekhudu merupakan ruangan bagian belakang khusus untuk ibu-ibu.
  8. Panggakh, bagian loteng rumah panggung yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang untuk keperluan adat, senjata dan benda pusaka lainnya.
  9. Dapokh atau dapur terletak pada bagian belakang rumah. Disini terdapat Sekelak ruangan untuk memasak dan Gakhang tempat untuk mencuci perabotan dapur.
  10. Bah Lamban fungsinya sebagai tempat menyimpan hasil panen.

Itulah kumpulan rumah adat Lampung yang verdant rangkum dari beberapa sumber.

batinbudayapoerba.blogspot.com rimbakita.com 99.co

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us