Mayoritas yang menghuni rumah ini adalah keluarga suku Dayak Kalimantan Timur khususnya suku Dayak dari etnis Benuaq. Hidup terdiri dari beberapa keluarga dalam satu atap menandakan sifat kekeluargaan yang ada di sini masih sangat tinggi.

Rumah Lamin ini memiliki bebagai macam keunikan. Beberapa di antaranya bakal dibahas di sini. Yuk intip keunikan rumah adat Lamin!

1. Ukurannya besar

Bentuk dari rumah adat yang berasal dari kalimantan Timur ini persegi panjang dengan atap seperti pelana. Memiliki panjang sekitar 300 meter, lebar 15 meter dan tinggi kurang lebih 3 meter.

Desain yang panjang dan sambung menyambung membuat rumah ini bisa menampung beberapa kepala keluarga. Menurut beberapa sumber bahkan bisa dihuni 12 sampai 30 kepala keluarga. Itu artinya satu rumah bisa dihuni hingga 100 orang.

2. Ukiran & Patung

Sudah menjadi ciri khas jika rumah adat dari Kalimantan terdapat ukiran-ukiran etnik. Begitu juga dengan rumah adat Lamin memiliki ukiran atau motif berupa makhluk hidup. Seperti manusia, hewan dan tumbuhan.

Pada bagian atap juga terdapat ukiran kepala Naga yang terbuat dari kayu. Sementara, pada bagian halaman rumah terdapat patung-patung. Berupa Dewa yang diyakini oleh masyarakat sebagai penjaga rumah.

3. Warna

Keunikan lainnya dari rumah adat Lamin adalah warna rumah. Warna yang menjadi ciri khas adalah kuning dan hitam. Tetapi tak hanya dua warna itu, warna lainnya juga digunakan, hanya saja yang dominan kuning dan hitam.

Setiap warna yang digunakan memiliki makna filosofis. Kuning memiliki makna kewibawaan, hitam merupakan simbol keteduhan. Merah melambangkan keberanian, biru adalah kesetiaan dan putih bermakna kebersihan jiwa.

4. Material

Material penyusun bangunan ini terdiri dari kayu ulin sebagai bahan utama. Mulai dari bagian badan rumah, atap, lantai sampai tangga menggunakan kayu.

Kayu terkenal kuat dan kokoh ini memiliki julukan kayu besi ini. Karena jika terkena air maka akan semakin keras. Sehingga wajar jika usia rumah adat ini bisa bertahan lama.

Belajar. kemendikbud.go.id, brainly.co.id

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us