Selain terdapat banyak jenisnya yang telah kita bahas pada artikel lalu. Rumah adat Joglo juga memiliki beberapa keunikan yang rumah adat lain tak memilikinya. Baik dari segi bangunan maupun dari nilai filosofi.

Verdant kutip dari beberapa sumber, berikut keunikan rumah adat Joglo:

1. Arsitektur rumah

arsitag.com

Rumah adat ini memiliki desain arsitektur yang unik. Mengandung nilai filosofis tentang segala kehidupan dan aktivitas masyarakat Jawa Tengah. Susunan kayu di rumah ini dibuat secara sistematis dari material kayu jati.

Pada bagian atapnya berbentuk gunung, tetapi memiliki puncak yang mendatar. Biasanya disebut dengan tajug.

Baca juga: Jenis-jenis Rumah Adat Joglo Jawa Tengah dan Keterangannya

2. Pintu Utama di Tengah Rumah

Pintu menjadi salah satu ciri khas dari bangunan ini. Letaknya di tengah-tengah rumah. Posisi pintu selalu sejajar dengan ruang bagian belakang. Sehingga jika ada tamu yang berkunjung membuka pintu maka akan langsung melihat penampakan ruangan belakang.

Pemasangan pintu di tengah ini menggambarkan masyarakat Jawa memiliki sikap terbuka satu dengan yang lainnya. Mereka dengan senang hati menerima tamu bahkan menyuruh mengganggap seperti rumah sendiri.

3. Terdapat Pager Mangkok

Umumnya, rumah asli masyarakat Jawa Tengah masih menggunakan desain lama yaitu tidak memiliki pagar sama sekali.

Tetapi rumah adat Joglo memiliki pagar khas yang dikenal dengan sebutan pager mangkok. Pagar ini terbuat dari tanaman perdu dengan ketinggian tidak mencapai 1 meter. Filosofinya, rumah lebih baik tidak dipagar agar penduduk bisa saling membaur atau bersosialisasi di halaman rumah.

4. Teras yang Luas dan Memiliki Empat Tiang

Keunikan lainnya dari rumah adat Joglo ini pasti memiliki teras yang luas. Dengan susunan empat tiang yang berbentuk persegi panjang sebagai penopang utama.

Mengapa memiliki teras yang luas? Karena masyarakat jawa memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi. Maka dari itu mereka membangun teras yang luas sebagai tempat berkumpul dengan orang lain.

brainly.co.id

RELATED ARTICLES

2 COMMENTS

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us