Keunikan rumah adat Jawa Barat terletak pada penamaan rumah tersebut. Misalnya saja rumah adat Julang Ngapak, Tagog Anjing dan Badak Heuay. Nama-nama tersebut di ambil dari bentuk atapnya.

Berikut penjelasan keunikan rumah adat Jawa Barat

1. Julang Ngapak

Dalam bahasa Indonesia Julang Ngapak memiliki arti bentuk rumah yang menyerupai seekor burung yang sedang mengepakan sayapnya. Rumah ini memiliki desain dengan atap yang tampak sedikit melebar pada setiap bagian sisinya.

Selain itu, jika dilihat-lihat bagian atapnya juga mempunyai kemiripan layaknya burung yang sedang mengepakan sayapnya.

Seperti halnya rumah adat lainnya, rumah adat ini juga memiliki bentuk panggung dan kolong. Sehingga untuk masuk ke dalam rumah disediakan tangga yang disebut golodog. Biasanya golodog ini terbuat dari kayu atau bambu. Hanya terdiri dari tiga anak tangga saja.

2. Tagog Anjing

https://polarumah.com/

Namanya berasal dari bentuk atap yang mirip dengan seekor anjing yang sedang duduk. Memiliki dua lapis atap, bagian atasnya berbentuk segitiga. Sedangkan atap tambahannya terhubung dari atas lalu menjorok ke bagian depan. Memiliki sebutan lain yaitu sorondoy.

Jika ingin melihat rumah adat Tagog Anjing, kamu bisa mengunjungi kampung Dukuh di Kabupaten Garut. Tetapi ada juga hotel dan tempat wisata yang mengadaptasi desain arsitektur rumah Tagog Anjing.

Baca juga: Wisata Budaya Rumah Atakkae

3. Badak Heuay

https://architecture.verdant.id/

Rumah adat ini memiliki arti seekor badak yang sedang menguap. Karena bentuk atapnya seperti badak dan bagian depannya seperti mulut badak yang sedang menguap.

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us