Berbicara mengenai Papua, tak lengkap rasanya jika tidak membahas rumah adat. Terdapat tiga rumah adat yang berasal dari sini. Pertama, Honai. Kedua, Ebei dan ketiga rumah adat kaki seribu.

Rumah adat Honai misalnya. Terdapat beberapa keunikan yang tentunya rumah lain tak memilikinya. Yuk langsung simak saja penjelasannya.

Keunikan dari rumah adat Honai

1. Bentuk Rumah Adat yang Kecil

bobo.grid.id

Rumah adat Honai memiliki bentuk bundar, atapnya terbuat dari jerami, berdinding kayu dan perpintu mungil. Struktur bangunan terdiri dari dua lantai dengan atap berbentuk kerucut.

Mengapa tergolong rumah kecil? Karena memiliki ukuran diameter 4 – 6 meter dan ketinggiannya sekitar 2,5 meter. Tujuannya untuk menahan hawa dingin dari pegunungan Papua.

2. Multifungsi, Terdapat Ruangan Untuk Menyimpan Mumi

gedebogpisang.com

Rumah ini bisa multifungsi. Sebab, tidak hanya berfungsi untuk tempat tinggal dan ruang penyimpanan hasil panen. Tetapi juga memiliki fungsi lain. Yaitu sebagai tempat penyimpanan jasad yang sebelumnya telah diawetkan terlebih dahulu.

Proses pengawetannya terbilang unik dan menarik, yakni dengan cara pengasapan.

Baca juga: Arsitektur Rumah Adat Honai

3. Tidak Memiliki Jendela

Keunikan lainnya dari rumah adat honai adalah tidak terdapat jendela. Coba tengoklah gambar rumah honai. Kita hanya menjumpai sebuah pintu sebagai akses keluar masuk.

Tujuannya adalah agar ruangan dalam rumah tersebut tetap hangat. Sehingga pada malam hari tidak terasa dingin. Apalagi yang letaknya berada pada kawasan pegunungan.

Selain tanpa jendela, mereka juga biasanya menyalakan api untuk menjaga rumah tetap hangat.

4. Terdapat Ebei

Rumah adat Ebei yaitu honai untuk perempuan atau tempat tinggal perempuan.

Ebei berasal dari kata ‘ebe’ yang berarti tubuh dan ‘ai’ rumah. Rumah ini khusus sebagai tempat tinggal perempuan. Selain tempat tinggal, dalam rumah adat ini juga merupakan proses pendidikan bagi anak perempuan. Mengajarkan banyak hal yang akan dihadapi oleh anak perempuan ketika tiba waktunya untuk menikah.

5. Larangan

Larangan yang terdapat dalam rumah adat ini yaitu rumah adat Honai hanya boleh ditempati oleh laki-laki saja. Perempuan dilarang keras untuk masuk walaupun sudah menikah.

travel.detik.com

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us