Rumah adat DKI Jakarta yang terkenal adalah rumah adat kebaya. Tapi tunggu ada juga rumah adat lainnya. Seperti rumah Joglo, rumah gudang, dan rumah panggung betawi.

Masing-masing dari rumah adat ini memiliki keunikan yang berbeda. Apa saja? Yuk langsung simak saja ulasannya!

Berikut beberapa keunikan dari rumah adat DKI Jakarta

1. Atap

Misalnya saja pada rumah adat Kebaya. Atapnya terbuat dari genteng tanah dan ada juga yang terbuat dari anyaman daun kirai. Memiliki bentuk seperti pelana yang dilipat. Jika kita lihat dari samping seperti lipatan kebaya.

Pada rumah Joglo, bentuk atapnya hampir sama layaknya rumah adat dari Jawa. Sedangkan rumah adat Gudang atapnya berbentuk seperti pelana kuda atau perisai. Lengkap dengan atap miring yang berfungsi sebagai penahan sinar matahari dan air hujan.

2. Pondasi

Bagian pondasi menggunakan susunan batu kali yang telah terbentuk menyerupai umpak. Untuk landasan dindingnya menggunakan batu bata.

Fungsi dari pondasi ini sebagai penyangga tiang agar bangunannya lebih kokoh.

3. Konstruksi

Konstruksi kuda-kuda rumah terbuat dari material kayu kecapi dan kayu gowok. Tetapi untuk balok tepi biasa terbuat dari kayu pohon nangka.

Baca: Mengapa Disebut Dengan Rumah Adat Kebaya

4. Pendopo

Salah satu bagian dari rumah adat betawi adalah pendopo. Bangunannya agak luas yang lengkap dengan meja dan kursi. Fungsinya untuk menjamu tamu.

5. Reng dan kaso

Sebagai dudukan atap genteng, reng terbuat dari bambu yang dibelah. Sedangkan kaso terbuat dari bambu yang utuh fungsinya sebagai dudukan untuk reng.

6. Warna dinding

Dinding yang terbuat dari material kayu nangka biasanya menggunakan warna cerah seperti hijau dan kuning

7. Bentuk dinding

Materialnya menggunakan anyaman bambu secara keseluruhan. Tetapi ada juga yang setengah menggunakan bambu dan setengahnya lagi tembok batu bata.

8. Pintu

Keunikan rumah adat DKI Jakarta lainnya terletak pada daun pintunya bernama jalusi. Memiliki ukuran lebar dan besar. Pada bagian daun pintu terdapat jalusi (lubang udara) agar sirkulasi udara tetap terjaga.

Brainly.co.id, taldebrooklyn.com

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us