Rumah adat Bolon yang berada di daerah Sumatera Utara ini memiliki banyak keunikan. Mulai dari ukiran yang sarat akan makna sampai ada beberapa macam rumah bolon. Daripada penasaran, yuk langsung simak saja penjelasannya.

Keunikan rumah adat Bolon
1. Desain Rumah Bolon

Keunikan dari desain rumah adat Bolon ini terletak pada hiasan kusen pintu masuk. Di mana disini terdapat ukiran berupa telur dan panah. Tali-tali pengikat dinding miring (tali ret-ret) terbuat dari ijuk atau rotan. Membentuk pola seperti cicak berkepala 2 saling bertolak belakang.

Cicak itu dikiaskan sebagai penjaga rumah dan 2 kepala saling bertolak belakang melambangkan penghuni rumah mempunyai peranan yang sama dan saling menghormati.

Baca Juga: 4 Rumah Adat dan Daerah Asalnya

2. Ukiran Penuh Makna

Dari segi ukiran, rumah adat ini memiliki ornamen gorga atau ukiran khas. Maknanya sebagai tolak bala dari segala macam bentuk bahaya. Seperti bahaya wabah penyakit dan lainnya.

Ornamen ukiran rumah balon ditempatkan pada dinding rumah bagian luar dan di atas pintu rumah. Biasanya berbentuk ular, cicak dan kerbau.

3. Ruangan Besar yang Tidak Terbagi-bagi Menjadi Kamar

Bagian dalam rumah Bolon merupakan ruangan besar yang terbagi menjadi beberapa bagian. Ruangan Jabu Bona dikhususkan bagi keluarga kepala rumah. Ruangan Jabu Soding untuk anak perempuan pemilik ruma, tempat para istri tamu yang datang dan tempat diadakannya upacara adat. Ruangan Jabu Suhat khusus untuk anak lelaki tertua yang sudah menikah. Ruang tampar piring sebagai ruang tamu dan ruangan Jabu Tongatonga ni Jabu Bona untuk keluarga besar.

4. Macam-Macam Rumah Adat Bolon

Rumah adat bolon tak hanya satu jenisnya, tetapi ada beberapa macam. Seperti rumah Bolon Toba, rumah Bolon Simalungun, rumah Bolon Karo, rumah Bolon Mandailing, rumah Bolon Pakpak dan rumah Bolon Angkola.

Setiap rumah mempunyai ciri khasnya masing-masing. Tetapi, kini rumah adat Bolon yang ada di daerah Sumatra jumlahnya sudah tidak terlalu banyak. Sehingga beberapa jenis rumah Bolon sulit ditemukan.

Rumah adat ini perlu dilestarikan karena bisa menjadi salah satu objek wisata.

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us