Tana Toraja merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan. Sebagai sebuah suku, Toraja sangatlah terkenal. Misalnya saja terkenal akan ritual pemakaman yang bisa dihadiri oleh ratusan orang dan berlangsung selama beberapa hari. Terkenal juga dengan ukiran dan rumah adat Tongkonan.

Jika sebelumnya pernah membahas secara umum tentang rumah adat Tongkonan berasal dari Toraja, maka dalam artikel kali ini kita akan mengulas dari segi keunikan yang ada pada rumah adat Tongkonan ini.

Berikut ini keunikan rumah adat Tongkonan dari Sulawesi Selatan:

1. Atap

https://www.pewartanusantara.com/

Atap merupakan bagian yang paling menonjol dari rumah adat Tongkonan. Terbuat dari susunan bambu (saat ini mungin sebagian rumah sudah menggunakan atap seng). Bentuknya melengkung menyerupai perahu. Konon, hal ini menjadi pengingat, leluhur masyarakat Toraja menggunakan perahu untuk sampai ke Sulawesi.

2. Hiasan Tanduk Kerbau

Terdapat tumpukan tanduk kerbau pada bagian depan rumah. Bukan sembarangan hiasan, tanduk kerbau ini bahkan masyarakat menganggapnya menjadi bagian yang sakral dalam kehidupan masyarakat Tana Toraja.

Mengapa dianggap sakral? Karena semakin banyak tanduk yang mereka pajang pada bagian depan rumah, semakin tinggi strata sosial pemilik rumah adat tersebut.

Baca juga: Menilik Sejarah Rumah Adat Joglo Jawa Tengah

3. Ukiran Dinding Khas Tana Toraja

Keunikan lainnya dari rumah adat Tongkonan ini bisa kita lihat pada bagian ukiran dinding. Materialnya terbuat dari tanah liat.

Ukiran biasanya memiliki empat warna yang berbeda. Anatara lain warna kuning, merah, hitam dan putih. Setiap warna memiliki makna sendiri-sendiri.

Seperti warna kuning memiliki makna kekuatan dunia dan Sang Pencipta. Merah, lambang kehidupan dunia. Hitam sebagai simbol duka atau kematian dan putih melambangkan kesucian.

4. Arah

Masyarakat tana toraja menganggap angin memiliki hubungan yang sakral. Contohnya, Utara, sebagai awal kehidupan manusia dan ada juga yang percaya kekuatan dari Tuhan. Timur, lambang kehidupan. Barat, melambangkan kematian atau kesusahan. Terakhir, selatan menjadi ciri kejahatan dan tempat tinggal roh jahat.

Rumahlia.com

RELATED ARTICLES

1 COMMENT

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us