Rumah adat dari Jawa Timur dikenal dengan nama Joglo. Ya, Joglo juga merupakan rumah adat yang berasal dari Jawa Tengah. Pada dasarnya memang keduanya memiliki filosofi yang sama.

Dahulu rumah ini dibangun dengan tujuan untuk menunjukan strata sosial dalam masyarakat. Biasanya yang memiliki hanya para bangsawan. Fungsinya untuk menerima tamu dalam jumlah besar. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman, Joglo juga terkenal sebagai rumah adat masyarakat.

Dari rumah adat Jawa Timur ini terdapat beberapa keunikan antara lain:

1. Pendopo Megah

Keunikan rumah adat Jawa Timur terlihat dari pendopo yang sangat megah. Terletak pada bagian depan dari rumah adat dan mempunyai halaman yang luas.

Desainnya sangat megah dengan konsep ruangan luas tanpa sekat. Pada setiap sisi dan sudutnya terdapat pilar-pilar penyangga.

Pilar penyangga terdiri dari empat pilar utama yang berada pada bagian tengah. Dikenal juga dengan nama saka guru dan mewakili keempat arah mata angin.

2. Pringgitan Sebagai Lorong Masuk

Sementara itu, pringgitan berfungsi sebagai jalan masuk ke rumah bagian dalam. Terletak antara pendopo dan omah jero (rumah dalam).

Bentuk pringgitan seperti serambi berbentuk tiga persegi. Serambi tersebut menghadap ke arah pendopo sehingga bisa menjadi daya tarik bagi tamu. Selain itu, lorong ini juga sering berguna untuk tempat pertunjukan wayang kulit.

3. Emperan Sebagai Teras

Biasanya dalam emperan terdapat sepasang kursi kayu lengkap dengan mejanya. Memiliki ukuran lebar hanya sekitar 2 meter. Fungsinya sebagai tempat untuk bersantai-santai. Tempat untuk menerima tamu dan lainnya.

Baca juga: Keunikan Rumah Adat Joglo Jawa Tengah

4. Omah Njero

Memiliki sebutan lain yaitu omah mburi, dalam ageng atau omah saja ini merupakan sebuah ruangan khusus pada bagian dalam. Berfungsi sebagai tempat untuk bersantai bagi keluarga.

Karena sifatnya yang privatif maka omah njero dilengkapi dengan penyekat atau pembatas antar ruangan berupa papan kayu. Tampilannya sangat unik karena terdapat banyak kursi dan atribut-atribut lain yang menghiasi ruangan ini.

Omah njero juga termasuk akses jalan masuk menuju senthong atau kamar khusus

5. Senthong Kiwa, Wilayah Ruangan Sebelah Kiri

Senthong Kiwa bisa diartikan sebagai kamar yang berada di sebelah kiri. Terdiri dari beberapa macam ruangan yang berfungsi sebagai kamar tidur, gudang dan tempat menyimpan persediaan makanan.

6. Gandhok

Dalam bahasa Indonesia adalah gudang. Terbagi menjadi dua bagian, ada gandok kiwo atau gudang kiri dan gandok tengen atau gudang kanan.

Sementara itu, desain dari gandok ini sangat kental dengan unsur jawa pada tiang dan atapnya. Fungsinya sebagai tempat menyimpan barang atau lumbung bahan makanan.

Brainly.co.id

RELATED ARTICLES

1 COMMENT

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us