Baileo, rumah adat yang berasal dari Maluku dan Maluku Utara. Sebelumnya architecture.verdant.id pernah membahasnya secara umum tentang rumah adat Baileo. Akan tetapi dalam artikel kali ini ulasannya lebih pada apa saja keunikan rumah adat Baileo.

Inilah beberapa keunikan dari rumah adat Baileo

1. Fungsinya sebagai Balai

Rumah adat ini fungsinya sebagai tempat pertemuan masyarakat dengan berbagai tujuan. Seperti untuk petemuan adat, upacara, sampai musyawarah.

2. Tempat menyimpan benda-benda suci

Baileo oleh masyarakat digunakan sebagai tempat menyimpan benda-benda pusaka. Selain itu, bisa juga sebagai tempat melaksanakan upacara adat. Dan tempat berkumpulnya warga untuk menggelar berbagai acara .

3. Ukuran rumahnya besar

Keunikan lainnya dari rumah adat Baileo yaitu memiliki ukuran rumah adat yang terbilang cukup besar. Sehingga bisa berfungsi untuk menampung orang dalam jumlah banyak.

4. Tidak bersekat dan tidak berdinding

Tidak seperti rumah adat pada umumnya, Baileo tidak memiliki dinding dan sekat. Desainnya terbuka sehingga terasa lebih luas.

5. Kerangka atap

Bagian dalamnya terdapat tiang berbentuk balok yang menopang atap. Sementara itu, kerangka atap berbentuk prisma tersusun dari daun sagu dan daun kelapa.

6. Memiliki ukiran dan ornamen yang unik

Terdapat banyak ukiran dan ornamen yang bergambar dua ekor ayam yang berhadapan dan diapit oleh dua ekor anjing sebelah kiri dan kanan. Posisi ukiran ini berada diambang pintu dan memiliki arti tentang kedamaian dan kemakmuran.

Ukiran lainnya yaitu bulan, bintang dan matahari yang berada pada bagian atap dengan warna merah, kuning dan hitam. Maknanya kesiapan Baileo dalam menjaga keutuhan dan hukum adat.

7. Bentuk rumah panggung

Rumah Baileo memiliki bentuk rumah panggung. Posisi lantai berada di atas permukaan tanah. Hal ini memiliki makna bahwa roh nenek moyang memiliki tempat dan derajat yang tinggi daripada masyarakat.

Terbuat dari papan kayu. Sama sekali tidak menggunakan paku untuk perekatnya. Tak perlu diragukan soal kekuatan, rumah ini sangatlah kokoh.

brainly.co.id kebudayaan.kemendikbud.go.id

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us