Rumah adat Bolaang Mongondow berasal dari provinsi Sulawesi Utara, tepatnya dari suku Bolaang Mongondow.

Desainnya seperti rumah pewaris sama-sama berbentuk rumah panggung dengan material terbuat dari kayu Jati. Atap dari rumah Mongondow ini melintang memanjang ke belakang. Dengan bahan terbuat dari ijuk.

Tinggi dari Mongondow umumnya sekitar 1,5 meter sampai 2 meter. Terbagi menjadi tiga bagian. Yaitu bagian bawah, bagian tengah dan bagian atas.

Bagian Bawah

Bagian ini terdiri dari kayu melintang yang lebarnya sesuai dengan lebar rumah atau nama lainnya Olad. Lantainya memiliki sebutan Talog. Kemudian ada Oigi atau tiang-tiang penyangga sementara itu kayu yang membujur dari muka rumah sampai belakang memiliki sebutan Langko.

Bagian Tengah

Terdiri dari kayu yang membujur dari muka sampai belakang yang disebut Baratan. Solabako, sebutan untuk tiang penyangga. Pangariang, kayu yang melintang antara tiang rumah. Sementara itu, Dopi penyebutan untuk dinding rumah.

Dopi biasanya terbuat dari kayu atau papan, bambu, atau kayu nibung. Untuk yang terbuat dari kayu papan memiliki lebar 30 cm, tebal 2 cm dan panjang antara 2 – 3 meter. Sedangkan yang terbuat dari bambu atau kayu nibung lebarnya menyesuaikan dengan kayunya. Selain itu, untuk pemasangannya dengan cara diikat atau dipaku, berdiri atau miring antara tiang-tiang yang membujur.

Bagian lantainya sama seperti dinding yang dipasang melintang antara kayu membujur dari muka ke belakang. Sedangkan untuk serambi terdapat sebuah tangga yang sejajar dengan pintu utama rumah. Sehingga, semakin tinggi rumah semakin banyak anak tangganya.

Baca juga: Lihatlah Gambar Rumah Adat Pewaris

Bagian Atas

Untuk bagian atas terdiri dari Katou atau kaso. Bindubungan atau kayu bumbungan, Oigi Binubungan atau tiang raja. Kemudian, Bentaga yaitu kayu penyangga antara kayu bumbungan dan kayu tiang raja.

Selain itu, ada juga yang memiliki sebutan lotad, kayu untuk penyangga atap. Untuk material atap biasanya terbuat dari rumbia atau nipah.

Atapnya sendiri terdiri dari berbagai macam seperti, rumah binou, rumah sinumuntotoi, rumah lumalako dan rumah bungkus nasi.

Keunikan Bolaang Mongondow

Rumah yang asli dari kabupaten Bolaang Mogondow ini pembangunan pada ratusan tahun lalu. Dihuni oleh seorang penduduk lokal. Rumah tersebut dari leluhurnya yang hidup 3 generasi sebelumnya.

Selain itu, dari segi konstruksinya terlihat unik. Tidak pernah direnovasi sedikitpun sejak dibangun. Hanya cat rumah saja yang diganti secara berkala.

Wikipedia, muhaemin-af, lenteramata.

RELATED ARTICLES

1 COMMENT

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us