Dari Kalimantan Selatan ada rumah adat yang bernama Palimbangan. Salah satu jenis rumah suku Banjar yang berfungsi sebagai hunian para tokoh agama dan saudagar kaya.

Rumah ini bisa dikatakan sebagai rumah adat yang megah dan besar di kalangan kesultanan Banjar. Memiliki keunikan pada bagian atap dan ukiran ornamen. Atapnya berbentuk atap pelana dengan hiasan layang-layang pada bagian gunungannya.

Dikutip dari kebudayaan.kemendikbud.go.id, Secara keseluruhan materialnya menggunakan kayu ulin dan kayu marsihung yang memiliki kualitas tahan lama.

Ciri-ciri Palimbangan dengan Anjung

1. Pada awalnya memiliki konstruksi berbentuk segi empat yang memanjang ke depan dengan menggunakan atap pelana. Sehingga terlihat tebar layar yang dalam bahasa Banjar bernama Tawing Layar.

Atap ini menutupi mulai dari ruang surambi Pamedangan sampai ruang-ruang yang ada dibelakangnya.

2. Seiring dengan perkembangan zaman, rumah adat palimbangan juga mengalami perubahan pada bentuk, yaitu mendapat tambahan ruangan pada salah satu sisi bangunan yaitu samping kiri atau kanan bangunan.

Selain itu, bisa juga keduanya baik sisi kiri maupun kanan secara simetris dan posisinya agak ke belakang. Kedua buah ruangan tambahan ini berukuran sama panjang. Dalam bahasa Banjar penambahan ruangan disebut disumbi.

3. Selanjutnya, terdapat perkembangan pada atap sengkuap Sindang Langit (atap emper depan) yang ditambahi jurai luar yang melebar ke atap emper samping kanan maupun kiri bangunan yang menyatu dengan atap anjung kanan dan atap anjung kiwa. Selain itu, ada juga penambahan tiang-tiang emper pada teras samping rumah.

Baca juga: Rumah Adat Angkola

Ciri-Ciri Palimbangan Tanpa Anjung

1. Memakai tebar layar yang bernama Tawing Layar

2. Bangunan induk memakai atap pelana yang biasanya memiliki sebutan atap balai laki.

3. Bentuk bangunan lebih besar dari rumah Balai laki

Seperti kita kutip dari laman facebook Komunitas Adat Banjar-Kalimantan, pada teras (Pelatar Sambutan) terdapat empat buah pilar yang menyangga emper depan yang memakai atap sengkuap dengan sebutan Sindang Langit.

Bagian-bagian Ruangan

  1. Teras (pelatar sambutan)
  2. Serambi (pamedangan)
  3. Ruang Tamu yaitu ambin sayup
  4. Ruangan dalam yaitu ambin dalam atau palidangan
  5. Ruang pantry yaitu padapuran

Wikipedia, Facebook, Brilio

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us