Tentu kita sudah mengetahui begitu banyaknya rumah adat yang berada di Indonesia. Mulai dari Provinsi Aceh sampai Provinsi Papua semuanya memiliki rumah adat yang sarat akan budaya dan adat istiadat.

Namun tunggu dulu, sudahkah kamu mengetahuinya apa saja manfaat dan kegunaan dari rumah adat?

Jika belum, mari kita ulas manfaat dan kegunaan dari rumah adat sebagai berikut:

1. Identitas dan simbol sebuah suku bangsa

Rumah adat merupakan representasi budaya dalam suatu masyarakat yang menempati wilayah tertentu. Keberadaannya begitu beragam. Sehingga bisa menjadi simbol dan indentitas sebuah suku bangsa.

2. Menjadi salah satu kebudayaan daerah

Mengutip dari voi.co.id, kebudayaan secara umum merupakan hasil olah tingkah laku manusia sebagai pedoman hidup masyarakat. Kebudayaan juga bisa diartikan sebagai hasil dari cipta dan rasa manusia.

Sebagaimana kita ketahui, setiap rumah adat pasti memiliki desain arsitektur dan filosofi yang berbeda. Tiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing.

Sementara itu, desain arsitektur merupakan manifestasi hasil cipta, karsa dan karya seni budaya. Sehingga, rumah adat merupakan salah satu kebudayaan Indonesia.

Baca juga: Rumah adat dan penjelasannya

3. Tempat tinggal bagi suku bangsa tertentu

Seperti rumah pada umumnya, hampir semua rumah adat dibangun memiliki kegunaan sebagai tempat tinggal. Tempat berlindung dari binatang buas dan untuk beristirahat.

4. Sebagai tempat acara adat

Sebagian rumah adat Indonesia ada yang hanya sebagai tempat dilaksanakannya acara-acara adat. Seperti, melakukan ritual kepada nenek moyang. Acara kelahiran, kematian, musyawarah dan sebagainya.

5. Museum budaya

Misalnya saja, Museum rumah adat Baanjuang. Museum ini didirikan oleh orang Belanda Mr. Mondelar Countrolleur pada 1 Juli 1935.

Bentuk bangunan berupa rumah tradisional yang memiliki anjuang kiri dan kanan. Tujuan museum ini yaitu untuk mengimpun benda-benda sejarah dan budaya tanah minang.

brainly.co.id, asosiasimuseumindonesia.org

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us