Laikas, rumah adat yang berasal dari Sulawesi Tenggara atau lebih tepatnya dari suku Tolaki. Suku yang menempati wilayah sekitar Kota Kendari, Kabupaten Konawe dan Konawe Utara.

Gambar rumah adat Laikas ini memiliki bentuk panggung, terdiri dari tiga sampai empat lantai. Sementara itu, bagian bawahnya atau disebut juga kolong biasanya digunakan pemilik untuk memelihara hewan ternak.

Setiap lantai rumah adat Laikas memiliki fungsi yang berbeda-beda, berikut uraiannya:

1. Bagian bawah (Kolong)

Fungsi dari bagian ini yaitu untuk menghindari binatang buas, menghindari banjir dan juga digunakan untuk memelihara hewan ternak. Hewan yang biasanya dipelihara masyarakat Tolaki adalah ayam dan babi.

2. Lantai Pertama & Kedua

Biasanya digunakan untuk tempat tinggal raja dan permaisuri.

Baca juga: Rumah Adat Mekongga dari Sulawesi Tenggara

3. Lantai Ketiga

Lantai ini digunakan untuk menyimpan benda pusaka.

4. Lantai Empat

Jika terdapat lantai empat, fungsinya sebagai tempat beribadah dan bersemedi.

Keunikan

Terdapat keunikan dari rumah adat ini yang bisa kita temukan. Mengapa bisa dikatakan memiliki keunikan? Karena rumah ini tidak memakai bahan logam. Sebagai pengganti paku masyarakat Tolaki menggunakan bahan yang ada di alam. Seperti halnya serat kayu atau pasak.

Kemudian untuk bagian atapnya menggunakan alang-alang atau nipah. Sebagai tiang hunian terbuat dari balok kayu sedangkan untuk dindingnya dari papan kayu.

Bagian-bagian rumah adat Laikas
1. Tiang O’Tusa

Pada dasarnya rumah adat Tolaki memiliki bentuk bangunan bertiang. Tiang rumah yang bentunya bulat dan untuk rumah papan (kataba) tiangnya berbentuk balok (segi empat).

2. Lantai Ohoro

Ohoro atau lantai terbuat dari bambu (kowuna), batang pinang (kuwe inea), opisi (semacam pohon pinang), papan (odopi), kayu-kayu kecil, tangkai daun sagu (tangge ndaworo).

3. Dinding Orini

Dinding rumah biasanya terbuat dari bambu yang dianyam (salabi) atau disusun, kayu-kayu kecil, tangkai sagu, kulit kayu dan papan.

4. Pintu Otambo

Pintu atau otambo memiliki bentuk persegi panjang. Pada pintu depan diletakkan sedikit kesamping agar orang luar tidak dapat langsung masuk ke rumah.

5. Tangga Lausa

Tangga terdiri dari kayu yang ditarik beberapa tingkatan, biasanya lima sampai tujuh tingkat. Hal itu disesuaikan menurut tinggi rendahnya rumah.

Sumber: Celebes.co Wikipedia

RELATED ARTICLES

2 COMMENTS

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us