Bale Bonder atau yang memiliki sebutan lain Gedeng Pengukuhan ini memiliki desain segi empat bujur sangkar. Bangunan ini menggunakan penopang tiang yang berjumlah minimal 9 tiang dan maksimal 18 tiang.

Material dindingnya terbuat dari anyaman bambu. Sedangkan bagian atapnya dari jerami yang tidak memakai nock tetapi pada ujungnya menggunakan penutup yang tampak seperti kopiah berwarna hitam.

Untuk pembagian ruangannya tak terlalu banyak sumber yang membahas. Hanya ada yang menjelaskan bahwa bagian dalamnya seperti ruang serbaguna.

Baca juga: Yuk Cari Tahu Rumah Adat Maluku dan Penjelasannya

Penghuni rumah ini biasanya pejabat desa atau dusun. Memiliki fungsi sebagai tempat persidangan, tempat penyelesaian kasus pelanggaran hukum. Sampai berfungsi juga untuk menaruh benda-benda bersejarah.

Tahukah kamu? Bale Bonder terletak pada tengah-tengah pemukiman. Sehingga pantas saja mempunyai fungsi sebagaimana yang sudah verdant sebutkan di atas.

Itulah sekilas tentang rumah adat Bale Bonder yang berasal dari Lombok. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bisa ikut melestarikannya.

Selasar.com, lomboktourplus.com

RELATED ARTICLES

1 COMMENT

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us