Kali ini kita jalan-jalan ke Provinsi Sulawesi Selatan. Di sini terdapat beberapa rumah adat yang tentunya memiliki ciri khas masing-masing. Sudahkah mengetahui apa saja rumah adat dari sini?

Bagi yang belum tahu, Sulawesi Selatan ini terdapat rumah adat Luwuk, rumah adat suku Makassar, rumah adat suku Mandar, rumah adat suku Toraja dan rumah adat suku Bugis.

Berikut rumah adat Sulawesi Selatan dan penjelasannya:

1. Rumah Adat Luwuk

Rumah yang dahulunya merupakan rumah dari raja Luwu ini sangat unik. Proses pembangunannya menggunakan 88 tiang. Memiliki ukuran atap lebih besar daripada badan rumah.

Rumah ada ini juga memiliki tiga atau lima bubungan. Tujuan dari bubungan ini sebagai penanda siapa yang memiliki hunian, bisa juga dikatakan menunjukkan kasta pemilik rumah.

Keunikan dari rumah Lawuk terdapat pada ornamen. Dimana ukirannya disebut bunga prengreng yang melambangkan filosofi kehidupan menjalar sulur berarti hidupnya tidak terpus-putus.

2. Rumah Adat Suku Makassar

Rumah panggung yang memiliki tinggi sekitar 3 meter ini bernama Balla. Dibangun dengan tiang penyangga yang berjumlah 5 penyangga ke arah belakang dan 5 penyangga ke arah samping.

Dahulu, rumah adat ini terbuat dari material yang sederhana seperti rumbia, nipah dan bambu. Tetapi kini banyak yang menggunakan material modern yaitu atap seng dan genteng yang terbuat dari tanah liat.

Terbagi menjadi tiga bagian, pertama bagian atap, kedua inti rumah dan ketiga kolong. Termasuk besar dan luas membuat bala memiliki beberapa ruangan. Ruangan teras disebut dego-dego. Kalla Balla, bagian pintu masuk hingga bagian belakang. Ruang tamu memiliki sebutan paddaserang dallekang letaknya setelah pintu masuk. Selanjutnya ruangan keluarga dan kamar khusus untuk perempuan terletak di bagian belakang.

3. Rumah Adat Suku Mandar

Boyang, itulah nama rumah adat yang berasal dari suku Mandar. Terbuat dari material kayu yang ditopang dengan tiang penyangga. Pada dasarnya bentuk dari rumah ini hampir sama dengan rumah adat suku Bugis dan suku Makassar. Hanya saja terdapat perbedaan pada bagian teras rumah Boyang lebih besar.

Dikutip dari kumparan.com, terdapat dua jenis Boyang yang dibangun oleh masyarakat Mandar, Boyang Adaq dan Boyang Beasa. Boyang Adaq merupakan tempat tinggal untuk bangsawan. Sementara itu, Boyang Beasa merupakan tempat tinggal untuk rakyat biasa.

Ciri-ciri

Boyang Adaq

a. Memiliki tumbaq layar atau penutup bubungan yang tersusun tiga sampai tujuh tumpuk.

b. Terdapat dua tangga bersusun, berjumlah tiga anak tangga dan sebelas anak tangga.

Boyang Beasa

a. Tentunya tidak semegah Boyang Adaq.

b. Masing-masing memiliki satu tumpuk atap dan satu susunan anak tangga.

Rumah adat Boyang berbentuk panggung dengan konsep tiga susunan terdiri dari bagian pertama, kedua dan ketiga. Bagian pertama bernama Tapang, susunan paling atas yang meliputi atap dan loteng. Bagian kedua bernama roang hayang, ruangan yang ditempati oleh penguni rumah untuk melakukan segala aktivitasnya. Terakhir, naong boyang letaknya paling bawah.

Warna gelap merupakan ciri khas dari rumah adat suku Mandar. Tetapi ada juga yang mempertahankan warna asli kayu, misalnya saja coklat muda dan coklat tua.

4. Rumah Adat Suku Toraja

pesona travel
99.co

Rumah adat yang berasal dari suku Toraja bernama rumah adat Tongkonan. Kata Tongkonan berasal dari Tongkon yang memiliki arti menduduki atau tempat duduk. Bukan tanpa alasan penyebutan tersebut, karena pada awalnya rumah adat ini sebagai tempat berkumpul untuk berdiskusi para bangsawan Tana Toraja.

Ciri khas dari rumah ini adalah bentuk atapnya menyerupai perahu. Filosofinya agar menjadi pengingat bahwa leluhur masyarakat Toraja menggunakan perahu untuk bisa sampai ke Sulawesi.

Baca Selengkapnya: Rumah Adat Tongkonan Berasal dari Toraja

5. Rumah Adat Suku Bugis

solata-sejarahbudaya.blogspot.com

Terbagi menjadi dua macam rumah adat. Pembagian ini berdasarkan status sosialnya, ada rumah Saoraja dan rumah Bola. Saoraja ini biasanya hanya ditempati oleh keturunan raja atau kaum bangsawan sehingga bisa diartikan sebagi istana. Sementara itu rumah Bola merupakan rumah biasa yang untuk masyarakat biasa.

Dari segi arsitekturnya, rumah ini terdiri dari tiga bagian utama. Yaitu bagian atap, badan dan kolong. Desain arsitektur ini berdasarkan falsafah hidup dan budaya setempat.

Baca Selengkapnya: Mengenal Rumah Adat Suku Bugis Makassar

Itulah lima rumah adat Sulawesi Selatan dan penjelasannya yang harus kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan.

Kumparan.com Bramblefurniture.com

RELATED ARTICLES

2 COMMENTS

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us