Sulawesi Tenggara, provinsi dengan ibu kota Kendari ini memiliki beragam kebudayaan termasuk rumah adatnya. Ada Buton, Laikas, Benoa Tada dan rumah adat suku Mekongga. Namun kali ini kita hanya akan mengulas rumah adat Mekongga.

Rumah ini merupakan rumah adat suku Raha (Mekongga). Raha atau yang lebih terkenal dengan Mekongga memiliki arti seperti Poiaha.

Bangunan yang berukuran luas dan besar ini mempunyai bentuk segi empat. Terbuat dari kayu yang berkualtas tinggi. Kemudian untuk atapnya berdiri diatas tiang-tiang besar yang tingginya sekitar 20 kaki dari atas tanah.

Baca juga: Yuk Tengoklah Rumah Adat Laikas

Pada zaman dahulu bangunan rumah Mekongga ini tingginya sekitar 60-70 kaki. Berguna sebagai tempat raja untuk menyelenggarakan acara-acara yang bersifat seremonial atau upacara adat.

Memiliki bagian-bagian rumah yang sangat unik, sebagai lambang yang menggambarkan kekhasannya. Bentuknya panggung terdiri dari 12 tiang penyangga yang bermakna 12 orang pemimpin yang berpengaruh. 30 anak tangga yang bermakna 30 helai bulu dari sayap burung Kongga serta terdapat empat ruang/bilik.

Sumber: Situsbudaya wikipedia.

RELATED ARTICLES

Open chat
1
Contact us