Rumah adat yang berasal dari Papua tak hanya rumah adat Honai. Tetapi ada juga beberapa rumah adat lainnya yang tak kalah unik dan menarik. Misalnya saja rumah Ebai, rumah Rumsram, rumah Wamai, dan rumah Kariwari.

Untuk lebih jelasnya, yuk langsung simak saja rumah adat papua dan penjelasannya.

1. Honai

Rumah Honai memiliki bentuk bundar. Atapnya terbuat dari jerami. Berdinding kayu dan berpintu mungil. Sementara itu, struktur bangunan terdiri dari dua lantai dengan atap berbentuk kerucut.

Lantai atas biasanya terdiri dari kamar-kamar dan berfungsi sebagai tempat tidur. Sedangkan lantai bawah berguna sebagai tempat beraktivitas, tempat bersantai dan lain sebagainya.

Baca juga: Arsitektur Rumah Adat Honai

2. Rumah Ebai

yuksinau.id

Berasal dari kata ebe yaitu tubuh dan ai memiliki arti rumah. Rumah Ebai ini merupakan tempat tinggal untuk perempuan. Fungsinya untuk melakukan proses pendidikan bagi anak perempuan. Selain itu juga mengajarkan hal-hal yang akan dilakukan ketika menikah nanti.

Desainnya sekilas mirip dengan rumah adat honai. Tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil dan pendek. Letaknya berada samping kiri atau kanan Honai.

Ditempati oleh ibu-ibu, anak perempuan dan anak laki-laki yang belum beranjak dewasa.

3. Rumah Rumsram

Rumah adat yang berasal dari suku Biak Numfor ini digunakan oleh laki-laki. Fungsinya untuk mendidik anak laki-laki tentang pengalaman hidup. Menjadi anak yang kuat dan bertanggung jawab untuk menjadi kepala keluarga kelak.

Sementara itu dari bentuknya, rumah adat ini memiliki bentuk persegi seperti rumah panggung. Tingginya sekitar 6-8 meter. Atapnya mirip seperti perahu terbalik sebagai ciri bahwa mata pencaharian penduduknya sebagai nelayan.

Material penyusun bagungan ini terdiri dari kulit kayu untuk lantai. Pohon bambu yang dicacah untuk bagian dinding. Sedangkan atapnya terbuat dari daun sagu.

4. Rumah Wamai

Jika rumah adat lain berfungsi sebagai tempat tinggal. Lain halnya dengan rumah adat Wamai. Rumah ini berguna untuk peternakan warga. Hewan yang biasanya menjadi ternak adalah ayam, babi dan anjing

5. Rumah Kariwari

Rumah yang dihuni oleh suku Tobati-Enggros ini, merupakan rumah yang khusus digunakan untuk laki-laki yang telah berusia sekitar 12 tahun.

Dalam rumah ini mereka mendapatkan pendidikan untuk menjadi laki-laki yang bertanggung jawab. Selain itu, diajarkan juga keterampilan seperti membuat perahu, membuat senjata dan memahat.

Itulah 5 rumah adat Papua dan penjelasannya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan anda.

Borneochannel.com

RELATED ARTICLES

1 COMMENT

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us