Minangkabau, akrab juga dengan sebutan Minang merupakan etnis asli Nusantara yang mendiami pulau Sumatra. Seperti verdant kutip dari wikipedia, wilayah persebaran kebudayaannya meliputi kawasan Sumatra Barat, separuh daratan Riau. Bagian utara Bengkulu, bagian barat Jambi, pesisir barat Sumatra Utara, barat daya Aceh dan Negeri Sembilan di Malaysia.

Dari segi wilayah persebarannya sangat luas bukan? Maka tak heran jika etnis Minangkabau ini sangatlah terkenal akan kebudayaan dan perniagannya.

Salah satu yang paling terkenal dalam bidang perniagaan adalah masakan padang. Masakan ini sudah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia bahkan terkenal hingga ke mancanegara.

Sementara itu dari segi kebudayaan terdapat pakaian adat, alat musik, seni tari dan rumah adat. Rumah Gadang yaitu rumah adat suku Minangkabau yang memiliki beberapa sebutan. Antara lain, rumah Godang, rumah Bagonjong dan rumah Baanjuang.

Rumah adat dari Minangkabau ini selalu menarik untuk dibahas. Selain memiliki desain arsitektur yang khas juga sempat tampil di balik uang koin 100 keluaran Bank Indonesia pada 1970-an silam.

Berikut architecture.verdant.id akan membahas rumah adat minangkabau dan penjelasannya.

Pembahasan secara umum tentang rumah adat gadang sudah pernah verdant buat. Untuk mengingatkan mari kita tengok lagi artikelnya rumah gadang arsitektur khas Minangkabau.

Ternyata rumah adat gadang ini bisa diklasifikasikan menjadi beberapa jenis. Hal itu berdasarkan bentuk rumah. Walaupun jika kita perhatikan lagi bentuk atapnya hampir sama tetapi masing-masing rumah memiliki kekhasannya sendiri-sendiri.

Berikut jenis-jenis rumah adat minangkabau:

1. Rumah Gadang Jenis Gajah Maharam

https://www.silontong.com

Merupakan salah satu rumah adat Minangkabau yang termasuk kategori mewah. Seluruh bangunannya terbuat dari material yang berkualitas. Seperti kayu Juar, Surian dan Ruyung (pohon kelapa) serta atapnya terbuat dari seng.

Untuk membangun rumah adat ini tak boleh sembarangan. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Syaratnya yaitu dalam membangun rumah harus menghadap utara dengan dinding sisi timur, barat dan selatan ditutupi sasak.

Selain itu, rumah Gadang jenis Gajah Maharam ini memiliki empat buah kamar, lengkap dengan ukiran khas Minangkabau pada pintu-pintu kamar. Letaknya sebelah selatan berjejer kearah timur barat.

2. Rumah Gadang Gojong Limo

https://www.rumah.com/

Yang menjadi ciri khas dari rumah adat Gadang ini adalah penambahan gojong bagian kiri dan kanan bangunan. Kita bisa menemukannya di Kota Payakumbuh, Padang.

Gadang Gojong Limo ini punya pengakhiran bangunan yang sama dengan Gajah Maharam, hanya saja tidak ditambah anjung.

3. Rumah Gadang Batingkek (Rumah Gadang Bertingkat)

http://www.ranahminang.info

Dalam bahasa Indonesia memiliki arti rumah gadang bertingkat. Saat ini, mungkin akan sangat jarang kita temui.

Desain bangunan ini mirip seperti Rumah Gadang Gajah Maharam. Tingkat pada rumah ini maksudnya yaitu gojong yang bertingkat-tingkat.

4. Rumah Gadang Surambi Papek

https://www.rumah.com/

Rumah adat khas minang ini memiliki pengakhiran kiri dan kanan yang memiliki sebutan bapamokok atau papek dalam bahasa Minang.

Desainnya agak berbeda dengan rumah gadang lainnya. Jika ingin berkunjung harus melalui pintu belakang rumah. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman banyak yang telah dimodifikasi sehingga memiliki pintu depan.

Itulah sekilas ulasan rumah adat minangkabau dan penjelasannya. Sehingga harapannya bisa menambah ilmu pengetahuan khususnya dalam budaya rumah adat

romadecade.org

RELATED ARTICLES

1 COMMENT

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us