Tanean Lanjhang merupakan rumah adat yang berasal dari Madura. Letaknya sangat berdekatan dengan lahan garapan, mata air atau sungai. Satu kelompok rumah terdiri atas 2 sampai 10 rumah yang dihuni oleh orang tua, anak, cucu, cicit dan seterusnya. Sehingga hubungan kekeluargaan menjadi ciri khas dari suku ini.

Berikut ini rumah Adat Madura Tanean Lanjhang dan Penjelasannya

Bagian- Bagian Rumah Adat Tanean Lanjhang
1. Langgar/ Mushola

Mayoritas suku Madura beragama Islam dan sangat religius, maka tak heran jika terdapat langgar di lingkungan rumah adat Tanean Lanjhang.

Langgar ini memiliki bentuk persegi panjang yang memanjang ke belakang dengan ukuran 23,1 meter. Dilengkapi dengan alat solat seperti sajadah, tikar, mukena dan pengeras suara yang kecil.

2. Tanean

Halaman yang berbentuk persegi panjang membentang dari barat ke timur, panjangnya mencapai 90 meter. Fungsinya sebagai tempat bermain anak-anak, tempat menjemur hasil pertanian jika musim panen, tempat pernikahan dan lainnya.

Baca: Rumah Adat Sulawesi Tengah dan Penjelasannya

3. Kandang

Kandang ternak biasanya berbentuk persegi panjang dengan ukuran 6.5 x 5.9 meter. Hewan yang diternak di antaranya kambing, sapi, kerbau dan ayam.

4. Rumah

Rumah yang berbentuk persegi panjang, memanjang ke arah samping dengan ukuran 6.6 x 12 meter. Tetapi tak menutup kemungkinan juga disesuaikan dengan selera pemiliknya.

5. Dapur

Memiliki bentuk persegi panjang dengan ukuran 3.7 x 6.6 m atau lebih. Di sini terdapat beragam peralatan memasak. Seperti lincak, piring dan sebagainya.

Itulah rumah adat Madura dan penjelasannya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

Wikipedia, rivorma.

RELATED ARTICLES

1 COMMENT

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us