Sesuai dengan namanya rumah adat ini banyak terdapat di daerah Situbondo, Jawa Timur. Secara ukuran, rumah ini tak terlalu besar. Memiliki bentuk limasan atau dara gepak.

Kegunaan Rumah Adat Joglo Jawa Timur

Tak hanya berupa peninggalan bersejarah, rumah adat Joglo Situbondo ini juga masih berfungsi sebagai tempat tinggal dan tempat menyimpan benda-benda peninggalan sejarah.

Ciri khas

Salah satu ciri khasnya adalah terdapat ukiran pada setiap pintu. Hal ini berdasarkan kepercayaan leluhur. Sehingga membuat masyarakat mengukir setiap pintu yang ada.

Bagian-Bagian Bangunan Rumah Adat Joglo Situbondo

Bagian Depan

Seperti rumah Joglo pada umumnya memiliki bagian depan yang bernama pendopo. Bagian ini berupa ruangan lapang yang berfungsi sebagai tempat untuk menerima dan mengadakan jamuan kepada tamu yang datang.

Baca juga: Rumah Adat Jawa Timur dan Penjelasannya

Bagian Belakang

Sementara itu, bagian belakang terdiri atas ruangan sebagai dapur dan kamar tidur. Pembatas antar ruang bisa untuk memisahkan kamar-kamar sesuai dengan fungsinya. Bahan yang digunakan sebagai pembatas pun bisa berupa dinding, triplek atau papan kayu.

Adapun pembagian kamar pada bagian ruang belakang memiliki peran masing-masing.

1. Kamar Kanan

Jika kita masuk dari pintu, maka kamar ini berada pada posisi kanan. Ruangan ini memiliki sebutan lain yaitu senthong tengen yang memiliki arti kamar kanan. Biasanya pada bagian ini terdapat dapur, pendaringan dan gudang yang sering kali berfungsi untuk menyimpan alat pertanian.

2. Kamar Tengah

Terletak dibagian sentral bangunan. Ruangan ini diberi nama dengan senthong tengah yang memiliki arti kamar tengah. Selain itu, bagi masyarakat setempat, keberadaan ruang tengah ini sering kali dianggap sebagai bagian sakral dalam sebuah rumah.

3. Kamar Kiri

Memasuki ruangan belakang dari pintu utama, maka kita akan menemui ruangan ini. Memiliki sebutan lain senthong kiwo yang berarti kamar bagian kiri.

Material

Biasanya menggunakan material kayu jati murni. Seperti kita ketahui Jati memiliki kekuatan yang besar dan terkenal dengan daya tahan yang lama. Sementara itu, dari segi tata letak rumah adat ini mencerminkan hubungan antar sesama manusia dan manusia dengan alam.

Seringjalan.com, id.wikipedia.org, gurusekolah.co.id

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us