Rumah Bolon merupakan rumah adat yang berasal dari suku Batak di daerah Sumatera Utara. Rumah yang menjadi simbol atau identitas masyarakat Batak ini, pada zaman dahulu merupakan tempat tinggal dari 13 raja.

Ada beberapa jenis rumah adat batak Bolon yaitu rumah Bolon Toba, rumah Bolon Simalungun, rumah Bolon Karo, rumah Bolon Mandailing, rumah Bolon Pakpak dan rumah Bolon Angkola.

Bentuk

Rumah ini berbentuk persegi empat dan mempunyai model seperti rumah panggung. Ketinggiannya sekitar 1,75 meter dari permukaan tanah. Sehingga jika penghuni rumah atau tamu hendak masuk harus menggunakan tangga yang terletak di tengah-tengah rumah. Dan harus menunduk untuk berjalan menuju tangga.

Baca juga: Struktur dan Susunan Ruang Rumah Bubungan Lima

Bagian dalam merupakan sebuah ruang kosong yang besar dan terbuka tanpa kamar. Rumah ini ditopang oleh tiang-tiang penyangga untuk menopang tiap sudut rumah termasuk juga lantai. Bagian atap berbentuk melengkung pada bagian depan dan belakang seperti halnya pelana kuda.

www.dictio.id
Keunikan

Keunikan desain rumah Bolon terdapat pada hiasan kusen pintu berupa ukiran telur dan panah. Kemudian rumah Bolon ini hanya menggunakan tali untuk menyatukan bahan-bahan rumah.

Kini, rumah Bolon tidak lagi dibangun oleh masyarakat Batak. Mengingat semakin sedikitnya orang yang mampu membangunnya. Bahan bangunannya juga sulit didapatkan serta harganya jauh lebih mahal dari rumah modern.

Sumber: Wikipedia, Travel Kompas.

RELATED ARTICLES

1 COMMENT

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us