Melihat Pulau Sulawesi secara sekilas bentuknya mirip seperti huruf K. Di pulau ini terdapat banyak sekali warisan kebudayaan yang masih terjaga sampai sekarang. Termasuk salah satunya rumah adat.

Dari keenam provinsi yang ada, masing-masing pasti memiliki rumah adat. Bahkan dalam satu provinsi ada yang memiliki lima rumah adat. Untuk lebih jelasnya yuk langsung saja kita bahas materi rumah adat dari pulau Sulawesi.

1. Gorontalo

a. Rumah Adat Bantayo Poboide

Dikutip dari liputan6.com, rumah ini berfungsi sebagai tempat berkumpulnya para tetua adat untuk membahas sebuah prosesi adat. Salah seorang budayawan Gorontalo, Irwan Hamzah mengatakan, rumah adat Gorontalo pada umumnya sama meski tiap-tiap daerah berbeda. Tetapi yang jelas fungsinya sama.

b. Rumah Adat Dulohupa

Secara harfiah, Dulohupa memiliki makna mufakat. Pemberian nama ini karena bangunannya berfungsi sebagai tempat bermusyawarah. Bahkan pada masa pemerintahan raja-raja, Dulohupa mempunyai fungsi sebagai ruang pengadilan. Selain itu, rumah ini juga bisa untuk memvonis para penghianat.

Baca Selanjutnya: Rumah Adat Gorontalo dan Penjelasannya

2. Sulawesi Barat

a. Rumah Boyang

Sementara itu, dari Sulawesi Barat adat rumah yang bernama Boyang memiliki struktur rumah panggung dengan menggunakan material kayu. Ditopang oleh beberapa tiang yang terbuat dari kayu berukuran besar dengan tinggi kurang lebih sekitar dua meter. Tiang-tiang tersebut berfungsi untuk menopang lantai dan atap rumah. Uniknya, tiang tersebut tidak ditancapkan ke dalam tanah melainkan hanya ditumpangkan pada sebuah batu datar untuk mencegah kayu lapuk.

Baca Selanjutnya: Rumah Boyang, Rumah Adat dari Sulawesi Barat

3. Sulawesi Selatan

a. Rumah Adat Luwuk

Rumah dari raja Luwu ini sangat unik. Dibangun dengan menggunakan 88 tiang. Sementara itu, ukuran atapnya lebih besar dibandingkan dengan badan rumah.

Rumah adat ini juga memiliki tiga atau lima bubungan. Tentu saja bubungan ini sebagai penanda siapa yang memiliki hunian atau bisa dikatakan menunjukan kasta pemilik rumah.

b. Rumah Adat Suku Makassar

Rumah adat yang bernama Balla ini memiliki tinggi sekitar 3 meter. Dibangun dengan menggunakan tiang penyangga berjumlah 5 penyangga ke arah belakang dan 5 penyangga ke arah samping.

c. Rumah Adat Suku Mandar

Rumah adat yang berasal dari suku Mandar ini bernama Boyang. Terbuat dari material kayu yang ditopang dengan tiang penyangga. Bentuknya hampir sama dengan rumah adat suku Bugis dan suku Makassar. Tetapi terdapat perbedaan yaitu bagian teras rumah Boyang lebih besar.

d. Rumah Adat Suku Toraja

Dari suku Toraja ada rumah adat bernama Tongkonan. Berasal dari kata Tongkon yang memiliki arti menduduki atau tempat duduk. Penamaan ini bukan tanpa alasan karena pada awalnya dijadikan sebagai tempat berkumpul untuk berdiskusi para bangsawan Tana Toraja.

e. Rumah Adat Suku Bugis

Terbagi menjadi dua macam rumah adat. Pembagiannya ini dilakukan berasarkan status sosialnya, ada rumah Saoraja dan rumah Bola. Saoraja ini biasanya hanya ditempati oleh keturunan raja atau kaum bangsawan sehingga bisa diartikan sebagai istana.

Baca Selanjutnya: Rumah Adat Sulawesi Selatan dan Penjelasannya

4. Sulawesi Tenggara

a. Rumah Adat Buton

Dikutip dari wikipedia, rumah adat yang memiliki sebutan Kamali atau Malige ini merupakan bangunan di atas tiang. Terdiri dari empat lantai yang seluruh materialnya terbuat dari kayu. Ukuran luasnya semakin ke atas semakin sempit, namun di lantai keempat sedikit melebar.

b. Rumah Adat Mekongga

Rumah ini yaitu rumah adat yang berasal dari suku Raha (Mekongga). Raha atau yang lebih dikenal dengan Mekongga memiliki arti seperti Poiaha.

Bangunan yang berukuran luas dan besar ini mempunyai bentuk segi empat. Terbuat dari kayu yang berkualtas tinggi. Sementara itu, untuk atapnya berdiri pada tiang-tiang besar yang tingginya sekitar 20 kaki dari atas tanah.

c. Rumah Adat Laikas

Laikas, rumah adat yang berasal dari Sulawesi Tenggara atau lebih tepatnya dari suku Tolaki. Suku yang menempati wilayah sekitar Kota Kendari, Kabupaten Konawe dan Konawe Utara.

Desain rumah adat Laikas ini memiliki bentuk panggung. Terdiri dari tiga sampai empat lantai. Sementara itu, bagian bawahnya atau kolong biasanya memiliki fungsi untuk memelihara hewan ternak.

d. Rumah Adat Banua Tada

Sebuah rumah besar dalam budaya suku Buton. Banua Tada berasal dari kata Banua yang berarti rumah dan Tada berarti suku. Memiliki sebutan lain yaitu rumah siku. Mengapa demikian? karena memiliki banyak siku-siku pada struktur rangka bangunannya.

Baca Selanjutnya: Rumah Adat Sulawesi Tenggara dan Penjelasannya

5. Sulawesi Tengah

a. Rumah Tambi

Rumah adat dari pulau Sulawesi selanjunya adalah rumah adat Tambi merupakan rumah dengan struktur panggung. Memiliki tiang penyangga yang tingginya tidak lebih dari satu meter. Tiangnya berjumlah 9 buah. Kemudian pemasangan antara satu dengan lainnya menggunakan pasak balok kayu. Tiang-tiang ini biasanya terbuat dari bahan dasar kayu bonati. Sejenis kayu hutan yang bertekstur kuat dan tidak mudah lapuk.

b. Rumah Souraja

Terletak di kelurahan Lere, kecamatan Palu Barat, Sulawesi Tengah. Pembangunan Souraja atas prakarsa Raja Yodjokodi pada sekitar abad 19 masehi. Sementara itu, fungsinya sebagai tempat tinggal keluarga raja dan sebagai pusat pemerintahan kerajaan.

c. Rumah Adat Lobo

Rumah adat khas Kulawi, Sulawesi Tengah ini memiliki fungsi sebagai balai rapat tetua adat, sidang adat, upacara, perayaan panen dan rapat penentuan kapan membuka ladang.

Baca Selanjutnya: Rumah Adat Sulawesi Tengah dan Penjelasannya

6. Sulawesi Utara

a. Rumah Adat Pewaris

Desain rumah adat Pewaris sangat unik. Secara umum tergolong ke dalam rumah panggung dengan dominasi tiang penyangga. Adapun tiangnya terbuat dari kayu yang kokoh. Dengan Jumlahnya bisa mencapai 26 tiang penyangga yang menggunakan bahan kayu pada lantai dasar dan kayu serta beton untuk lantai satu.

Itulah pembahasan rumah adat dari Pulau Sulawesi. Sehingga dengan adanya artikel ini harapannya bisa menambah pengetahuan anda.

Baca Selanjutnya: Lihatlah Gambar Rumah Adat Pewaris

bayukaico brainly.co.id

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us