Seperti yang kita ketahui, Jambi memiliki rumah adat yang bernama Kajang Leko. Ya, sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai rumah adat kajang leko dari suku batin Jambi. Coba lihat lagi artikelnya untuk mengingatkan.

Nah, sekarang akan kita bahas dari segi keunikannya. Apa saja keunikan dari rumah adat ini? Yuk langsung saja pada pembahasan.

Keunikan Rumah Adat Kajang Leko

1. Konstruksi Atap bernama “Gajah Mabuk”

Nama “Gajah Mabuk” diambil dari pembuat rumah yang konon katanya sedang dimabuk asmara tetapi tak mendapatkan restu. Terkenal juga dengan sebutan Lipat Kajang atau Potong Jerambah.

Materialnya terbuat dari ijuk atau mengkuang. Kemudian dianyam untuk selanjutnya dilipat menjadi dua bagian.

2. Istilah Tebar Layar

Berfungsi sebagai dinding sekaligus penutup rumah bagian atas agar terhindar dari tempias hujan. Biasanya terdapat pada bagian kiri dan kanan bangunan rumah.

Material untuk membuat tebar layar yaitu terbuat dari papan.

3. Terdiri dari 3 Macam Pintu

Rumah Kajang Lako ini mengenal 3 macam pintu. Antara lain masinding, pintu balik melintang dan pintu tegak. Masing-masing pintu ini memiliki karakter yang berbeda-beda.

Pintu tegak terletak pada sebelah kiri rumah yang memiliki fungsi sebagai pintu masuk. Meskipun namanya tegak tetapi setiap orang yang melewati bagian ini pasti akan menundukan badan karena pintu sangat rendah.

4. Ornamen Berbentuk Ukiran Flora dan Fauna

Ornamen yang pada bangunan rumah adat Kajang Lako yaitu ukiran dengan motifnya berupa flora dan fauna.

Motif flora antara lain ukiran tampuk manggis yang dipasang pada depan masinding dan atas pintu. Motif bungo tanjung terletak pada bagian depan masinding. Terakhir, motif bungo jeruk di luar rasuk (belandar) dan di atas pintu.

kebudayaan1.blogspot.com, brainly.co.id

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us