Jika sebelumnya kita mengulas tentang rumah adat dari Pulau Sumatera yaitu rumah adat Rakit Bangka belitung. Maka dalam artikel kali ini kita terbang ke pulau Sulawesi, tepatnya provinsi Sulawesi Utara. Salah satu rumah adat yang berada di sini adalah Rumah Pewaris atau Walewangko.

Kata walengko berasal dari kata wale atau bale yang memiliki arti tempat tinggal. Sedangkan Walengko memiliki makna pewaris. Itu artinya rumah tersebut warisan secara turun temurun.

Gambar rumah adat Pewaris sangat unik. Secara umum tergolong ke dalam rumah panggung dengan dominasi tiang penyangga. Adapun tiangnya terbuat dari kayu yang kokoh. Dengan Jumlahnya bisa mencapai 26 tiang penyangga yang menggunakan bahan kayu pada lantai dasar dan kayu serta beton untuk lantai satu.

Gambar Rumah Adat Pewaris
https://rumahmurahsamarinda.com/

Pembuatan rumah panggung pada zaman dahulu bertujuan untuk menghindari serangan musuh dan binatang buas.

Pada awalnya rumah adat ini hanya memiliki satu ruangan saja. Pemisahannya menggunakan tali rotan atau tali ijuk yang dibentangkan dan digantungkan tikar.

Rumah adat pewaris ini terdiri dari tiga bagian utama Antara lain:

1. Bagian depan atau lesar

Bagian ini tidak dilengkapi dengan dinding sehingga terlihat mirip dengan beranda. Fungsinya sebagai tempat para tetau adat juga kepala suku yang hendak memberikan maklumat kepada rakyat.

2. Sekey atau serambi bagian depan

Berbeda dengan lesar, sekey ini lengkap dengan dinding dan letaknya persis setelah pintu masuk. Ruangan ini sebagai tempat untuk menerima tamu, ruang untuk menggelar upacara adat dan jejamuan untuk undangan.

3. Pores

Merupakan tempat untuk menerima tamu yang masih memiliki hubungan kekerabatan dengan pemilik rumah. Terkadang ruangan ini juga berguna sebagai tempat untuk menjamu tamu wanita dan juga tempat anggota keluarga melakukan aktivitas sehari-hari. Pores ini biasanya langsung tersambung dengan dapur, tempat makan dan juga tempat tidur

Bentuk Rumah

Berbentuk rumah panggung yang secara keseluruhan materialnya terbuat dari kayu Ulin. Kayu yang merupakan khas pulau Kalimantan terkenal kuat dan tahan lapuk.

Memiliki ukiran-ukiran pada dinding, ujung atap, pagar, tangga dan bagian rumah lainnya. Ukiran dengan dominasi warna kuning dan hitam. Selain berfungsi sebagai hiasan juga bisa memberi tuah sebagai penolak bala.

Baca juga: Rumah Adat Rakit

Sumber: Wikipedia Aminama,

RELATED ARTICLES

2 COMMENTS

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us