Tak bisa dipungkiri setiap rumah adat pasti memiliki keunikan masing-masing. Karena menggambarkan ciri khas daerahnya. Termasuk Provinsi Jawa Barat.

Namun sebelum membahas keunikannya, sudah tahukah apa saja rumah adat yang berasal dari sini? Ya, mengingatkan kembali rumah adat dari sini antara lain, rumah adat Perahu Kemureb, Badak Heuay, Julang Ngapak dan Tagog Anjing.

Baca Selanjutnya: 5 Rumah Adat Sunda dan Penjelasannya

Langsung saja berikut ini ciri khas rumah adat Jawa Barat

1. Posisi Bangunan

Ciri khas rumah adat Jawa Barat bisa kita lihat dari posisi Bangunan. Masyarakatnya memiliki filosofi yang sangat unik dalam menentukan posisi. Yaitu sesuai dengan arah matahari terbit dan terbenam. Mengingat arah tersebut sesuai dengan kiblat.

Sehingga dalam proses pembangunannya, rumah hanya boleh menghadap Barat dan Timur. Menarik bukan?

2. Jenis Pondasi

Secara umum dalam pembuatan pondasi rumah adat Sunda, hampir sama dengan rumah adat lainnya. Tetapi secara fungsi memiliki perbedaan. Pondasi rumah adat Sunda bisa meminimalisir terjadinya kerusakan parah apabila terjadi gempa bumi.

3. Dinding Bangunan

Biasanya bagian dinding terbuat dari anyaman bambu yang memiliki lubang-lubang. Lubang tersebut bertujuan agar menjadi jalan keluar masuknya udara. Sehingga ruangan tidak terlalu panas.

Tak hanya dinding saja yang menggunakan bambu. Bagian lainnya seperti daun jendela dan daun pintu juga menggunakan bambu.

4. Lantai

Pelupuh, sebutan untuk lantai tradisional khas Sunda. Terbuat dari bambu yang sudah dibelah. Penggunaan bambu bertujuan agar sirkulasi udara dapat keluar masuk melalui kolong bawah tanah.

5. Plafon

Penggunaan bambu juga sampai pada bagian plafon. Kerangka plafon terbuat dari bambu yang masih utuh. Desainnya dibuat lebih besar dibandingkan dengan yang lain. Tujuannya sebagai tempat penyimpanan beberapa barang yang punya rumah.

Itulah ciri khas rumah adat Jawa Barat. Jika ada informasi yang kurang silahkan tambahkan pada kolom komentar.

artikel.rumah123.com maudisini.com

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us