Sumatera selatan tak hanya memiliki satu rumah adat saja. Tetapi ada beberapa rumah adat lainnya. Verdant telah merangkumnya menjadi 5 rumah adat dari Sumatera Selatan.

Yuk langsung saja simak pembahasannya!

1. Rumah Limas

Rumah adat Limas Sumatera Selatan ini memiliki ciri atapnya berbentuk limas. Bangunan yang bertingkat-tingkat ini mengandung filosofi budaya untuk setiap tingkatannya.

Hampir seluruh bangunan rumah terbuat dari kayu. Pemilihan bahan kayu karena menyesuaikan dengan karakter dan kepercayaan masyarakat Sumatera Selatan. Sehingga, kayu yang masyarakat gunakan pun merupakan kayu unggulan dan katanya hanya berasal dari daerah Sumatera Selatan.

Baca Selanjutnya: Lima Tingkatan Rumah Adat Limas Sumatera Selatan

2. Rumah Cara Gudang

https://budaya-indonesia.org

Sama seperti rumah adat Limas, rumah cara Gudang juga memiliki atap berbentuk limas. Nama ini didasarkan pada bentuk rumah yang memanjang.

Material untuk membangun rumah ini yaitu kayu petanang, unglen dan tembesu. Dari segi tata letak terdiri dari tiga ruangan utama, depan, tengah dan belakang.

3. Rakit

https://www.daerahkita.com/

Rakit, seperti namanya rumah ini dibangun di atas rakit sehingga bisa terapung. Bentuknya persegi panjang dengan ukuran kurang lebih sekitar 36 sampai 64 meter.

Bagian atap memiliki bentuk seperti pelana. Materialnya terbuat dari daun nipah kering. Dindingnya berupa kayu dengan serat yang cukup padat. Sementara itu, fondasinya terbuat dari bambu yang sudah cukup tua agar memiliki kekuatan yang tahan lama.

Terdiri dari dua buah pintu. Satu pintu menghadap ke arah sungai sedangkan pintu satu lagi menghadap daratan.

4. Basemah

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/

Seperti kita kutip dari kebudayaan.kemendikbud, rumah ini dikenal juga sebagai rumah baghi. Terdiri dari dua tipe yaitu tatahan dan ghilapan. Tatahan yaitu dinding bangunanya dibuat dengan cara ditatah atau diukir. Sementara ghilapan dindingnya berbentuk polos.

Rumah Tatahan dan ghilapan sama-sama memiliki ukuran 8 x 8 meter. Jika kita tengok ke dalam rumah maka kita akan melihat ruangan tanpa sekat. Kalaupun kita menemukan sekat yaitu untuk dapur, alat pertukangan dan alat pertanian.

Tetapi seiring dengan perkembangan, sebagian rumah ini pun ada yang memiliki sekat untuk kamar. Sedangkan untuk bagian dapur bangunannya terpisah.

5. Kilapan

https://aminama.com/

Merupakan rumah adat suku Pasemah. Rumah ini tidak mengusung konsep ukiran. Baik untuk interior maupun eksteriornya.

Ruangannya terdiri dari tiga bagian. Ada ruang depan, ruang bawah dan ruang atas sengkar.

Keunikan dari rumah ini yaitu tiang-tiang rumah hanya berada di permukaan tanah saja. Sehingga bisa bergerak jika terjadi gempa bumi.

Daerahkita.com, Aminama.com

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us