Rumah adat Tambi yang berasal dari Sulawesi Tengah ini merupakan tempat tinggal suku Lore. Desainnya berbentuk segi empat dengan atap piramida. Selain itu, tiangnya juga terbuat dari kayu Bonati.

Terdapat beberapa keunikan dari rumah adat ini. Architecture.verdant.id telah merangkumnya menjadi 5 keunikan rumah adat Tambi sebagai berikut.

1. Rumah Panggung

Mengutip dari wikipedia, rumah tambi merupakan rumah panggung dengan tiang penyangga yang pendek dan tingginya tidak lebih dari satu meter. Tiangnya berjumlah 9 buah yang saling menempel satu dengan lainnya menggunakan pasak balok kayu.

2. Ragam Hias

Mengutip dari arsitektur.ub.ac.id, peletakan ragam hias lebih banyak diletakkan di bagian atap – UP World. Terdapat 5 macam ragam hias.

a. Tanduk kepala kerbau yang berada pada ujung bubungan atap yaitu melambangkan kebesaran (kepemimpinan) dan kekayaan dari pemilik rumah.

b. Ukiran burung patengke yang berada pada overhang atap bagian tengah sejajar yaitu melambangkan sebagai penjaga.

c. Ukiran mata tombak yang berada pada overhang atap bagian kanan yaitu melambangkan keberanian dan kepatriotan.

d. Ukiran gagang parang yang berada pada overhang atap bagian kiri bawah yaitu melambangkan keberanian dan kepatriotan

e. Ukiran ragam genetalia yang terdapat pada sisi kiri dan kanan tiang penyangga rumah yaitu melambangkan kesuburan.

Baca juga: Mengenal Tambi, Rumah Adat di Sulawesi Tengah

3. Rumah untuk Masyarakat Umum

Rumah suku Kaili dan suku Lore ini umumnya merupakan rumah penduduk setempat. Sehingga memiliki artian rumah ini diperuntukan bagi masyarakat umum bukan untuk bangsawan.

4. Ukuran kecil

Seperti yang telah dijelaskan di atas, rumah ini digunakan oleh masyarakat umum. Sehingga ukurannya pun tidak terlalu luas, baik dari segi ukuran rumah atau ruangan didalamnya.

Biasanya berbentuk persegi panjang dengan ukuran rata-rata 7 x 5 meter. Hanya terdapat satu ruangan saja. Selain itu, fungsinya sebagai tempat untuk memasak, makan, istirahat, menerima tamu dan lain sebagainya.

5. Atap Terbuat dari Ijuk

Atap rumah adat Tambi berbentuk piramida. Terbuat dari ijuk atau daun rumbia yang memanjang ke bawah. Sementara itu, fungsinya sebagai dinding penutup bangunan.

Itulah 5 keunikan rumah adat Tambi yang berhasil dirangkum. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan.

id.wikipedia.org, mantabz.com

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Contact us